Wednesday, March 17, 2010

Parsialisme Pikiran, Gerakan, Ideologi, atau apa?

بسم الله الرحمن الرحيم

Sebenarnya udah lama gw mau nulis tentang hal ini, tapi karena suatu hal dan lainnya jadi gak ketulis-tulis deh.. tapi semoga sekarang udah bisa jadi sebuah tulisan... :)

Oke kita mulai aja ya, bahasan ini agak berat.. jadi disiapkan aja oskadon atau panadol di samping Anda jika tiba-tiba Anda puyeng baca tulisan saya ini hehe.. (tapi kalo yang di tagnya udah Ustadz-ustadz atau orang yang udah melanglang buana kemana-mana pasti nggak pusing, malah bakal kena kritik gw gara-gara nih tulisan hehehe.. amppuunn dijee... ^^)



Banyak hal yang menggangu pikiran gw, itu sudah berlangsung lama, sejak gw kecil. Pernah waktu kecil gw nggak bisa tidur nyenyak dan selalu terbangun tengah malam karena rasa ketakutan yang amat sangat, itu terjadi selama kurang lebih seminggu, entah karena apa, gw seperti takut akan sesuatu tapi gw nggak tau itu apa, mungkin hanya halusinasi... tapi itu membuat gw tiap hari selalu cemas dan berfikir keras... ada apa ini..? ada apa ini? dan mencari-cari...

Dari kecil, sudut pandang atau pikiran gw agak beda sama anak-anak kecil kebanyakan, di saat teman-teman gw berfikir tentang 'Bermain', ya hanya bermain saja (pikiran anak kecil banget), gw malah berfikir menciptakan 'Tempat Bermain'.. dan itu bener-bener gw lakukan, take action!.. dengan sedikit kreativitas, gw ubah satu kamar di rumah gw jadi rumah hantu-rumah hantuan.. dan tiap orang yang 'main' di rumah hantu itu gw patok biaya 500 rupiah tiap masuk. Yang jadi hantunya siapa? adek-adek gw lah (untuk apa mereka jadi adek-adek gw kalo nggak dimanfaatin ? hahaha.. tapi sehabis 'bisnis' rumah hantu selese, adek-adek gw itu dibayar kok (berlagak jadi bos yang punya karyawan hehe..)).

Gw mungkin orang yang terlalu mempertanyakan sebuah masalah, meneliti dan mendalaminya jika penasaran, bahkan temen gw ada yg berkomentar 'Maula mah.. sampe cara buka kuaci aja dipikirin..', karena emang bener, gw pernah bertanya-tanya tentang kuaci dan menelitinya..'Cara buka kuaci itu yang bagus gimana ya? dari sisi sini apa sisi situ..',.. ya emang keliatan kayak orang gila.. tapi gw emang gitu T__T.

Jadi jangan heran kalo gw suka berita konspirasi-konspirasi atau hal-hal misteri.. jangan heran juga kalo pikiran gw ngejelimet, karena gw sendiri pun sering nggak kuat menahan pikiran gw yang ngejelimet.. di kepala ini kayaknya ada yg teriak-teriak.. gw pernah takut gila.. keram otak juga pernah gw rasain hehe.. ya semua itu gara-gara gw penasaran, dan gw mau tau kebenarannya. Gw sering 'iseng' menguraikan masalah-masalah yang seperti benang kusut, mencari pendekatannya, mencari literatur-literatur tentang permasalahannya, bertanya kepada yang ahli bukan yang 'cemen', dan mencoba berfikir sangat mendalam, yang kadang gw tercebur terlalu basah, ya.. tenggelam.. bukan lagi cuma nempelin kaki di tepian air kolam renang.. BLASH! ya gw ceburkan diri gw baik sengaja ataupun nggak sengaja untuk mengetahui lebih dalam, bukan cuma luarnya.


Oke oke.. kita masuk ke pembahasannya.. gw diatas cuma narsis kok kalo gw suka mikir hahahaha...

Dari sifat gw yang kayak gitu, membawa gw sampe ke beberapa masalah yang sangat serius dalam hidup gw. Dan untuk beberapa chapter nggak bakal gw ceritain, karena memang nggak perlu untuk diceritakan karena pembahasannya yang terlalu mengerikan (ah elah lu mol malah bikin gw penasaran.. 'hahaha').

Yang sebenernya mau gw bahas sekarang adalah tentang Parsialisasi pikiran.. apa tuh parsialisasi..? parsialisasi itu artinya tidak lengkap atau sepotong-sepotong. Jadi, arti dari parsialisasi pikiran adalah pikiran yang sepotong-sepotong atau tidak lengkap.. sudut pandang yang parsial.

Kenapa kok gw mau bahas kayak ginian? sebenernya gw udah jengah juga dengan berbagai pemikiran-pemikiran, ideologi-ideologi, ataupun gerakan-gerakan yang selama ini gw temui. Gw merasa mereka atau dia itu berfikir parsial, merasa diri paling benar, dan semuanya (yang diluar mereka) salah.

Kita coba lihat Q.S Al-Baqarah ayat 208 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ ادْخُلُواْ فِي السِّلْمِ كَآفَّةً وَلاَ تَتَّبِعُواْ خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

"Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu."

Ayat ini menekankan supaya orang-orang mukmin, baik yang baru saja masuk Islam seperti halnya seorang Yahudi yang bernama Abdullah bin Salam, maupun ia seorang munafik yang masih melakukan hal-hal yang bertentangan dengan ajaran Islam supaya mereka itu taat melaksanakan ajaran Islam sepenuhnya, jangan setengah-setengah, jangan seperti mengerjakan ibadah puasa pada bulan Ramadan tetapi salat lima waktu ditinggalkan.

Ayat ini bakal gw tekankan pada bagian janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sebenernya, kalo diliat.. antara masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhan dengan janganlah kamu turut langkah-langkah syetan itu nyambungnya dimana?

Hemm sebentar.. kita sekarang ke dunia realita dulu.

Ada yang pernah ikut MLM di sini? gw dulu pernah ikut yang namanya MANTAP (sebut saja begitu).. sebuah perusahaan yang menjual berbagai suplemen kesehatan.. di MLM ini gw seperti didoktrin bahwa suplemen dari MANTAP lah yang paling bagus, yang lain itu kalah, nggak cuma itu.. sistem MLM mereka lah yang paling bagus diantara sistem MLM lainnya.. pokoknya gw waktu itu beranggapan "MANTAP IS THE BEST, YANG LAEN NOTHING!". Gw merasa dengan Suplemen dari MANTAP lah orang bakal sembuh, kalo dari obat yang lain efeknya nggak sehebat MANTAP. Jadi, waktu itu pengobatan konvensional kayak di rumah sakit itu gw anggap udah nggak terlalu berguna, obat kimia itu merusak tubuh kata gw.. MANTAP kan herbal.. aman... suplemen-suplemen dari MLM lain kayak A, B, C, D, dan MLM-MLM suplemen kesehatan yang lain gw anggap kalah. Lama juga gw berada di MANTAP sampe akhirnya sekarang ini gw vakum, gw bener-bener saat di MANTAP 'menjalankan' pikiran yang parsial itu.. gw memahami cuma sepotong, padahal gw nggak tau ilmu tentang ilmu pengobatan nabi, ilmu totok, ilmu kedokteran konvensional aja paling cuma seiprit apalagi gw bukan mahasiswa kedokteran, ilmu tentang anatomi tubuh, ilmu tentang akupuntur, ilmu tentang lainnya banyak sekali, gw nggak anggep itu semua... dan gw berani bilang kalo MANTAPlah yang paling bener, mengabaikan pengobatan yang lain... (maksud gw bukan menjelekkan MANTAP, karena gw di sini dapet pelajaran yang sangat berharga dalam hidup.. karena gw yakin di MLM lain kayak di A, B, dll juga sama aja.. mikirnya pasti mayoritas Parsial..).

Nah, sampe akhirnya.. melalui proses.. gw pun sedikit-sedikit mempelajari tentang pengobatan konvensional baik dari temen gw anak kedokteran, dokter beneran, artikel-artikel, dll... pengobatan cara nabi juga gw mulai tau, akupuntur, suplemen keshetan dari MLM lain.. dll.. ternyata.. pengobatan ataupun suplemen kesehatan yang lain itu emang bisa menyelesaikan penyakit.. pikiran gw mulai terbuka..

Inilah.. jika gw kembalikan kepada pemikiran-pemikiran, ideologi-ideologi, ataupun gerakan-gerakan (entah itu organisasi keislaman, metode dakwah, atau ada yang bilang manhaj) yang sekarang.. ada HMI, PII, KAMMI, LMND ataupun seperti HTI, Ikhwanul Muslimin, Salafy, Jama'ah Tabligh, Tasawwuf, dan masih banyak lagi...

Banyak yang terlalu fanatik dengan apa yang sekarang mereka jalankan...

Gw inget salah satu Ustadz pernah bilang.. "Saya udah ikut HMI sejak SMP.. pokoknya kalo nggak dengan metode 'brain washing' dan 'dikosongkan' dulu baru 'diisi ilmunya (Ilmu keislaman)' salah deh.. cara HMI menurut saya yang paling bener waktu itu.. yang lain nggak bener.. cuma cara HMI lah yang bisa memecahkan permasalahan..". Ustadz ini juga pernah ikut PII yang saat itu menekankan kepada jihad saja (zaman dulu, nggak tau deh sekarang gimana, masih ada MS.Ka'ban lho dulu katanya..), pokoknya masalah ummat ini bisa diselesaikan dengan jihad saja.. nggak bisa dengan yang lain... lalu dia juga pernah ikut Kajian Tadabbur selama 7 tahun.. yang membersihkan akidah, menjauhi bid'ah, dan kalo saat ini lebih dikenal dengan sebutan salafy... Jama'ah Tabligh juga beliau pernah.. dan di saat beliau berada di jamaah-jamaah itu, beliau merasa yang paling benar, dengan cara jamaah itulah permasalahan akan selesai.. cara yang terbaik.. cara lain salah..

"Bagus itu salafy ada, memurnikan akidah.. bagus itu jama'ah tabligh ada.. masjid jadi ramai... cuma yang saya sayangkan yang berfikiran bahwa hanya lewat cara mereka sajalah permasalahan ummat bisa terselesaikan, hanya lewat pemurnian akidah saja, hanya lewat dzikir, hanya lewat seminar-seminar (bisanya orang Islam Liberal), hanya lewat hati dulu yang dibersihkan, hanya lewat jihadlah masalah selesai, hanya lewat politik saja masalah ummat terselesaikan dan lainnya.. dan mereka mengabaikan peranan orang lain.. mengabaikan eksistensi orang lain.. sangat disayangkan..".. kata Ustadz itu menambahkan.

Hemmm.. gw jadi keingetan tentang pengalaman gw sendiri.. sebenernya permasalahan gerakan-gerakan ini udah jadi pikiran gw semenjak SMA, waktu SMP gw baru di tahap memahami dan mengikuti perpolitikan di Indonesia.. gw belom berfikiran tentang demokrasi haram atau tidak dilihat dengan kacamata yang lebih besar, tentang Aqidah ataupun tentang fiqih.. gw cuma tau ya Partai Politik itu ada, dan gw mengikuti perpolitikan di Indonesia waktu SMP, makanya waktu pelajaran PPKn sedang dibahas tentang pemilu Indonesia dan guru gw full ngasih tebakan tentang pemilu, parpol, nama-nama calon, permasalahan politik Indonesia, analisa politik, gw bisa jawab 90%nya, dan temen-temen gw cuma cengo sambil tepuk tangan .. Gw saat itu nggak tau, ternyata ada perdebatan besar di luar sana tentang boleh tidaknya mendirikan partai atau lebih khususnya boleh tidaknya mengikuti demokrasi buatan manusia..

Memasuki SMA awalnya gw belum terlalu memahami ada gerakan-gerakan ini.. namun pertengahan SMA gw mulai mengetahui gerakan-gerakan ini.. HMI, PII, Salafy, Ikhwanul Muslimin (di Indonesia sering diliat PKS, padahal ada jg IM yang nggak ber-PKS), HTI, Jama'ah Tabligh dan lain-lain. Gw waktu itu mengalami kebingungan dan keresahan yang amat sangat sewaktu temen gw yang salafy (lebih tua berapa tahun dari gw) ngasih gw buku, gw baca.. dan.. ya.. gw mengalami suatu perubahan juga kebingungan.. gw yang latar belakangnya itu campuran dari beberapa pemikiran.. yaitu dari Muhammadiyah (ibu gw), HMI (bapak gw), Ustadz-ustadz yang ngasih ceramah (Ada NU, HTI, Salafy) dan Tarbiyah (IM) jadi mempertanyakan banyak hal... banyak nanya-nanya ini itu... gw merasa selama ini yang gw lakukan salah.. bagus itu, gw jadi tau banyak hal dan lebih mendalami Islam... tapi masalahnya emang bener seperti yang diurakan Ustadz tadi.. gw jadi parsial pemikirannya, yang nggak 'kayak begini' salah... cara ini yang paling bener...

Gw mengalami kebingungan di situ.. ya biasalah, hal baru yang datang tiba-tiba... dari situ gw banyak berfikir.. merenung.. dan akhirnya lama kelamaan nuansa-nuansa yang lalu itu mulai berkurang dengan sendirinya, ya gara-gara kuliah, denger Ustadz lain yg bicara, hemm..

Alhamdulillahnya juga, di masjid gw itu berkumpul hampir semua gerakan, pasti ada aja tuh tiap Ustadz yang naek ke podium membahas tentang sesuatu, besoknya dibales sama Ustadz yang ini.. udah kayak berantem... waktu itu juga ada permasalahan tentang boleh tidaknya sholat diantara 2 tiang.. karena ada hadistnya Allah nggak suka orang yang sholat diantara 2 tiang.. dan saat itu sempet terjadi dua kubu yang waktu itu gw sebut "Kubu Tiang" dan "Kubu anti Tiang".. gw waktu itu lebih kepada kubu yang anti tiang... karena hadistnya jelas. Dari masalah tiang aja dijadiin kajian, dibawa Ustadz-ustadz berpengalaman ke masjid gw untuk bahas kayak ginian.. dan nggak cuma sekali atau dua kali.. lumayan lama ngebahas ginian pokoknya.. akhirnya, ternyata nggak apa-apa sholat diantara 2 tiang.. melihat juga kasus di masjidil haram yang para jama'ah haji itu sholat diantara tiang-tiang, padahal Ulama Saudi itu kan lebih mengerti hadistnya, tapi gak apa-apa tuh sholat diantara 2 tiang.. kalau nggak ada tiangnya bisa kejatohan atap masjid, bisa mati itu... wuiih, pokoknya mantep deh.

Di masjid itu ngumpul deh semua gerakan.. di masjid gw setiap hari abis Shubuh itu ada kultum, tapi biasanya lebih dari 7 menit kuliahnya.. kita malah kayak kajian.. ada Ustadz pernah bilang.. "Dakwah lewat politik telah gagal!" padahal dia orang PKS.. emang gitu.. di masjid gw lantang-lantang kalo bicara.. nggak takut.. terus ya kalo Ustad salafy naik, bakal bikin kita nambah ilmu dan kadang jadi deg-deg-kan kalo yang dibawain itu ada 'Masuk Neraka jika...'.. wah gw langsung kicep tuh... tapi pasti abis itu ditimpalin lagi sama Ustadz yang lain bahwa begini-begitu.. dll.. seakan-akan jadi ajang pertempuran, sakarang bahas ini, besok dilawan, besoknya dilawan lagi.. terus-terusan.. ada juga Ustadz yang nggak bela sana-sini.. Ustadz yang ini lebih mau mempersatukan gerakan-gerakan ini... lulusan LIPIA.. ilmunya banyak banget, beliau juga sering ditanya-tanya sama jama'ah tentang hal ini hal itu.. dan masih banyak yang ngisi, Ketua MUI pernah ngisi masjid gw, Ust.Abu Bakar Ba'asyir, Ust.Salafy yg terkenal cuma gw lupa namanya, Ust.Tifatul Sembiring, Ust. Ihsan Tandjung, dari kalangan Ustadz Muhammadiyah, NU, Ustadz-ustadz yang udah tekenal di Indonesia jg sering ngisi, Ustadz-ustadz DDII juga sering mengisi, dll.. dan tau tak? akhirnya kita semua sering sharing di situ.. dan walaupun masih sering adu pendapat.. tapi banyak juga kebenaran yang terungkap, ada yang seperti tersadar kalo kemaren-kemaren itu salah.. tapi gw sekarang udah bisa ngerasain nuansa persaudaraan di masjid gw.. mereka udah saling memahami dan sekarang bukan lagi kayak bermuka dua, diluar senyum tapi di dalem ngedumel.. tapi InsyaAllah udah 'Akhi.. gimana kabarnya?' sambil salaman dan ikhlas menanyakan kabar saudaranya.. Subhanallah deh indahnya...

Nah, dari tempaan di masjid itu.. di kepala gw itu jadi banyak sudut pandang.. untuk awalnya sih kepala gw bener-bener sakit, pusing, wah pokoknya ada sensasinya sendiri deh.. gw jadi sering ribet sendiri.. tapi alhamdulillah, dari situ gw jadi lebih luas dalam memandang.. udah nggak begitu parsial pikiran gw..

Memasuki kuliah... gw mulai mengetahui gerakan-gerakan seperti HMI, KAMMI, GMNI, PMII (yang banyak orang bilang adalah corong politiknya parpol), aliran sosialis, komunis (gw juga punya temen komunis lho.. dan gw waktu itu sering sharing sama dia..), yang ngurusin HAM mulu.. dll lebih banyak.. .. di masa-masa kuliah inilah gw mengalami lonjakan, gw tiba-tiba banyak mengetahui hal-hal yang seharusnya nggak boleh gw ketahui, belum cukup umur dan emang bukan untuk gw, semua mengalir begitu saja..

Akhirnya dengan rasa ingin tahu yang sangat besar tentang ini semua, seperti sok-sok-an mencari kebenaran.. hampir tiap malam gw baca artikel, lagi senggang baca buku-buku yang membahas ginian, nanya-nanya Ustadz yang ahli sampe gw datengin ke rumahnya, berdiskusi dengan orang-orang yang ideologinya beda, sharing dengan anak-anak pejabat yang lumayan banyak rahasia yang gw tau, dan itu hampir gw lakukan secara serius selama 2 tahun, tapi kalo diliat dari awalnya, gw dari SMP udah mikir ginian berarti gw lumayan punya data-data dan pengalaman dari hampir 7 tahun lebih.. wah, gw sendiri nggak nyangka.. ini terjadi begitu saja (tapi Allah pasti udah tau dan ini semua Allah yang ngatur..)...

Akhirnya itu membawa gw menelusuri ke pemikian-pemikiran, ke filsafat-filsafat, ke ideologi-ideologi, ke gerakan-gerakan, bukan cuma sebagai pengamat.. tapi juga pemain.. pemain dimana-mana... gw nyebur.. merelakan kepala dan hati gw pusing sampe sakit juga pernah...

Gw pun juga menelusuri alur pikiran para orang Islam liberal itu.. gw nggak langsung meng-judge gitu atau cuma denger aja dari orang terus iye iye aje... tapi gw mulai membaca-baca cara pikir mereka, berdiskusi dengan mereka, dan setelah 'ngeliat' ternyata ada bagusnya juga pikiran mereka tapi gw nggak setuju dengan cara mereka yang mempertanyakan kebenaran Al-Qur'an, atau bilang Al-Qur'an udah nggak cocok dengan zaman sekarang.. ya Aqidah mereka kalau kata Ulama-ulama dan Ustadz-ustadz udah melenceng... tapi ada pelajaran yang bisa gw ambil dari Islam Liberal, mereka itu emang mau nyari kedamaian.. jangan karena agama jadi ribet kata mereka.. mereka ingin memanusiakan manusia selayaknya hakikat manusia itu diciptakan, toleransi yang sangat tinggi, menjunjung hak manusia.. namun ya begitu, kadang dengan pikiran yang tak berlandaskan Al-Qur'an dan As-Sunnah.. homo dan lesbi pun oleh mereka diperbolehkan... hiks... (walaupun nggak semua orang JIL setuju homo dan lesbi itu dibolehkan.. ya biasalah.. pasti di dalem suatu gerakan itu sendiri juga ada perbedaan pendapat...).

Masih banyak lagi.. belom lagi pengalaman gw tentang Tasawwuf, terus bergaul dengan orang-orang Sufi yang bikin hati gw teduh, Diskusi dengan orang HTI yang bikin gw semangat untuk meneggakkan khilafah, kajian tentang theo-demokrasi, sosialis murni, Islam Sosialis, atheis, agnostic, Syi'ah, orang-orang yang ingin langsung revolusi yang membuat gw semangat berjuang, dan masih banyak lagi.. pokoknya gw mengalami hai-hari yang kadang amat berat karena seperti yg tadi gw bilang, kepala dan hati gw terlalu pusing dan kadang juga sangat menyenangkan karena telah menemukan suatu hal.

Nah.. kembali ke Q.S Al-Baqarah ayat 208 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ ادْخُلُواْ فِي السِّلْمِ كَآفَّةً وَلاَ تَتَّبِعُواْ خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

"Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu."

Jadi apa sih yang pengen gw share.. ya, begitulah... seperti Q.S Al-Baqarah ayat 208 di atas.. masuklah ke dalam Islam secara Keseluruhan.. jangan kamu turut langkah-langkah syetan..

Janganlah berfikiran parsial... ngambil spesialisasi boleh.. tapi jangan saat ngambil spesialisasi itu kita jadi berfikir dengan pikiran yang itu aja dan semua yang di luar kita itu salah... karena kebanyakan saat ngambil spesialisasi ya pikirannya di situ-situ aja.. terus kalo pindah spesialisasi atau gerakan pasti berfikirnya beda lagi.. gw sering ngasih tau ke orang kalo seperti itu namanya "Berfikir temporer".. tergantung temponya... dan saat ngambil spesialisasi yg lain juga begitu.. padahal kita belum mengetahui keselurahan..

Masalah Ummat ini sudah sangat-sangat-sangat-sanga
t-sangat bobrok dan tak terkendali.. kita nggak cuma dicengkram dalam hal akidah dan tauhid aja, ekonomi, sosial, budaya, ideologi, pikiran, bacaan, film, makanan.. wah sudah terlalu bobrok.. itu baru dari luar.. belom lagi yang ngancurin bangunan sendiri.. ngaku Islam tapi narkoba, maksiat mulu, ngajarin anak SMP nonton film porno, guru ngaji mesum.. banyak! masalah ummat sudah terlalu sungguh-sungguh porak poranda dari berbagai sisi.. siapa ummat yang paling kelaparan di Indonesia? Ummat Islam, saudara kita itu.. Siapa ummat yang ditindas? Ummat Islam.. orang muslim.. ditindas sama siapa? sama muslim sendiri.. Siapa Ummat yang dibantai mulu? Muslim Palestina, Muslim Afghanistan, Muslim Uighur, Muslim Ambon, Muslim Posso.. seberapa yang malemnya takbiran paginya mabok? temen-temen gw sendiri!

Siapa yang nyuruh menegakkan syari'at dan mengatakan celana di bawah mata kaki itu terancam neraka dan menyuruh untuk membubarkan metode dakwah orang lain yang udah dibangung dengan darah dan nyawa tapi taunya pacaran? pacaran itu boleh ya sama Allah?
“ Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah sesuatu perbuatan keji dan jalan yang jelek” ( QS Al Isra : 32 ). Gila.. beneran bingung gw.. ayat Al-Qur'an jelas-jelas gini kok malah nggak diliat, Al-Qur'an itu bukannya yg seharusnya dikaji duluan ya?.. itu namanya pikiran parsial bukan sih..?, walau dengan alesan apapun gw nggak terima. Kalau yang pacaran di luar sana, orang-orang lain, gw gak kesel sama mereka karena mungkin mereka belum faham.. lah tapi yang udah faham malah begitu dan berkoar-koar bagai Ustadz yang udah punya jam terbang tinggi... terlihat seperti ngambil yang enak-enak aja.. yang enaknya aja diambil.. ada yang nyebutnya aliran 'Islam Enak'...takut gak sih? sungguh Allah paling membenci orang yang mengatakan sesuatu tapi tidak melakukannya, atau perbuatannya tidak sesuai dengan perkataan..

Ya Allah ampuni hamba yang dhoif ini.. emang, beberapa hal diatas adalah OKNUM-OKNUM saja.. tapi cobalah, jika sudah berprinsip untuk mengikuti suatu manhaj atau prinsip coba bertahanlah.. jangan mencoreng kerja keras dan kerja ikhlas Ustadz-ustadz yang diikutin.. kasian Ustadznya, soalnya banyak yang bilang.. "Ngomong doang, itu tuh si itu ikutan ustadz itu tetep aja nggak bener, mendingan gw.. ancur ya ancur sekalian ..."... jangan mencampuradukkan yang haq dan yang batil.. jika ingin jadi madu sekalianlah jadi madu.. jika ingin jadi racun sempurnakanlah jadi racun.. tapi tolong jangan jadi madu yang beracun.. karena akan mematikan Ustadz atau orang baik yang ingin menyembuhkan diri sendiri dan orang lain.. (Kok kayak curhat gini ya? hehehe) sahabat.. hiks.. sangat terlihat kan?... permasalahan ummat sangat banyak... sekali lagi, ini kita belom bahas masalah serangan dari luar, AS, CIA, FBI, atau apapun itu.. suatu skenario konspirasi untuk memecah belah ummat ini.. hiks.. jadi puyeng pala gw... hehe..

Islam itu udah jelas...
Nggak cuma Sholat, tapi bayar zakat, puasa, Amar Ma'ruf Nahi Mungkar, dll... Islam nggak diliat dari satu sisi aja.. atau nggak diliat dari satu spesialisasi saja.. Islam itu tidak boleh dipandang secara Parsial.. Islam itu harus Kaffah.. harus secara menyeluruh...

"dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan."

Karena syetanlah yang paling suka kalo ada yang berfikiran parsial... merasa udah menyeluruh Islamnya tetapi turut langkah-langkah syaitan...

Jadi.. janganlah merasa cara kitalah yang paling bener dan mengabaikan eksistensi gerakan di luar sana.. mengabaikan perjuangan saudara yang lain.. merasa hanya dengan cara golongannya lah masalah bisa terselesaikan... jangan cuma pake logika untuk memecahkan masalah.. tapi juga jangan pake perasaan doang mecahin masalah.. harus seimbang.. jangan juga berdakwah cuma untuk diri sendiri.. nggak takut nanti kalo di akhirat ada yang ngadu "Saya jadi gini gara-gara nggak dikasih tau dia Ya Allah.. padahal dia orang sholeh, tapi dia tidak memberitahu saya... tolong berikan dia hukuman juga Ya Allah..." hiks.. jangan seperti itu.. nggak mau kan masuk syurga sendirian? masalah ummat sudah sangat banyak...

Masuk Syurga itu susah banget ya? segitunya banget ya? dan pasti kalo nggak melakukan sesuatu masuk neraka ya?

Sebentar... masih inget kisah yang ad di Hadist ini nggak?

“Diampunkanlah seorang wanita pezina yang melewati anjing (yang berada di atas sumur) yang menjulurkan lidahnya dan hampir mati kehausan, lalu wanita itu melepas sepatunya dan diikat dengan kerudungnya lalu ia membawa air kepada anjing itu maka dia (wanita tsb), diampuni karenanya” (Hadits: HR.Bukhari).

Adapun kisah kehidupan dari pelacur tsb gw uraikan secara singkat sebagai berikut:

Pada zaman Nabi Isa A.S. dikisahkan bahwa negeri Palestina menjadi negeri yang melarat karena ulah Kaisar Romawi yang memerintah dengan sewenang-wenang. Kekayaan alam di daerah di ambil alih ke pusat sehingga rakyat banyak yang menderita kelaparan.

Walaupun nabi Isa A.S. telah berusaha menolong rakyat yang mengalami pendertaan tsb, rakyat makin menderita apalagi situasi tsb menyebabkan timbulnya berbagai tindakan criminal seperti perampokan, pencurian, dan kejahatan lainnya. Para lelaki banyak yang meninggalkan rumahnya untuk mencari pekerjaan, tapi tidak kembali lagi karena mati kelaparan dalam perjalanan.

Alkisah saat itu ada seorang wanita yang berjalan dengan susah payah untuk mencari sekedar makanan dan minuman. Demi perut yang kelaparan perempuan itu terpaksa menjual kehormatannya dengan tariff murah untuk sekedar bisa menyambung hidupnya. Sebenarnya wanita ini menyadari kalau perbuatannya itu merupakan dosa besar, tapi apa hendak dikata, demi untuk mempertahankan hidup ia terpaksa menjual diri dari satu lelaki ke lelaki yang lain. Apa lagi ia sudah tidak memiliki rumah dan sanak saudara. Dengan perbuatannya itu tentu saja wanita tsb harus menanggung cercaan dari masyarakat.

Suatu hari di dalam perjalanannya wanita itu tidak berhasil mendapatkan lelaki yang bisa diajaknya berkencan agar ia bisa mendapatkan makanan dan minuman. Wanita itu tiba di sebuah desa terpencil. Di sana ia tidak menjumpai siapapun juga. Wanita itu menjadi bingung seorang diri dengan kondisi kelaparan dan kehausan yang amat sangat.

Dalam kondisi kepayahan tsb, tiba-tiba matanya melihat sebuah sumur tua yang di dalamnya ada air. Tentu aja ia merasa gembira, karena air itu tentu bisa menghilang rasa hausnya. Dengan tubuh gemetar karena kelelahan, kelaparan dan kehausan, ia berusaha mengambil air sumur itu dengan sepatu yang ia ikat dengan kerudungnya dan lalu diturunkan kedalam sumur.

Ketika sepatu itu ditarik ke atas sumur, ternyata ia berhasil mendapatkan air di dalam sepaptunya. Ia segera hendak meminum air sumur tsb. Tiba-tiba datanglah seekor anjing yang menarik-narik kain kerudung pengikat sepatu wanita tsb sambil menggonggong. Rupanya anjing itu juga merasa sangat kehausan dan ia meminta minum kepada wanita tsb.

Karena merasa sangat iba, wanita itu memberikan air yang ada di dalam sepatunya itu. Dengan lahap anjing itu meminum air tsb dan tak lama kemudian air itu pun habis. Sementara itu karena memang sudah kepayahan menahan lapar dan haus, wanita tsb mati di tempat itu juga.

Setelah kematian wanita tsb, dikisahkan malaikat Malik sang penjaga neraka berdebat dengan malaikat Ridwan sang penjaga surga. Malaikat Malik berpendapat bahwa wanita itu harus masuk neraka karena pekerjaannya adalah pelacur yang penuh dengan dosa. Sedangkan Malaikat Ridwan berpendapat bahwa wanita itu masih layak untuk masuk surga karena perbuatan dosanya dilakukan dengan sebab terpaksa. Apalagi wanita itu mengakhiri hidupnya dengan akhlakul karimah. Dia rela mengorbankan hidupnya demi anjing yang kehausan yang juga merupakan mahluk Allah.

Akhirnya kedua malaikat tsb sepakat untuk membawa masalah ini kepada Allah Swt. Ternyata Allah membenarkan pendapat Malaikat Ridwan dengan berfirman: “Kau benar Ridwan. Wanita itu telah menebus dosa-dosanya dengan berkorban demi makhluk-Ku yag lain. Masukkanlah wanita itu ke dalam surga.”

Mungkin kisah seorang pelacur yang masuk surga sebagaimana dikisahkan di atas terasa cukup kontroversial dan mungkin saja bagi sebagian orang merasa tidak percaya dengan hal itu. Gw dalam hal ini menyerahkan sepenuhnya kepada para pembaca untuk menyimpulkan hal tsb.

Tapi.. jangan malah jadi berkesimpulan .."Eh boleh dong ngelacur.. tapi nanti gw ngasih makan anjng atau nggak binatang yang lain..biar masuk syurga.. asikkk bisa ngelacur..! ayok-ayok 200rebu sama gw ayok ayok.. harga promosi nihh..!"... ck ck ck.. jika dipikirkan dengan hati juga pasti hati mengerti apa nih maksud cerita...

“Diampunkanlah seorang wanita pezina yang melewati anjing (yang berada di atas sumur) yang menjulurkan lidahnya dan hampir mati kehausan, lalu wanita itu melepas sepatunya dan diikat dengan kerudungnya lalu ia membawa air kepada anjing itu maka dia (wanita tsb), diampuni karenanya” (Hadits: HR.Bukhari).

Jadi.. pelacur aja bisa masuk syurga.. diampuni dosanya.. karena jelas dalam Q.S An-Nisa ayat 48 :

إِنَّ اللّهَ لاَ يَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَن يَشَاء وَمَن يُشْرِكْ بِاللّهِ فَقَدِ افْتَرَى إِثْمًا عَظِيمًا (٤٨)

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendakiNya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar."

Allah itu mengampunni segala dosa, kecuali dosa syirik.

Masih inget juga tentang penjahat yang membunuh 100 orang tapi masuk syurga gara-gara ingin taubat? Kisah lelaki ini disebutkan dalam Shahih Bukhari No. 3395, Shahih Muslim No. 6957, dan Ahmad No. 10924 (cari dong biar lebih yakin..).

Nah.. tapi juga jangan disalahartikan kisah yang membunuh 100 orang itu.. "Asiiikkk gw bisa bunuh-bunuh orang.. ah gw mau ngebom-bom mall ahhh... gw mau ngebunuh buleee aahhhh.. asiikkk... tapi sebelum mati gw tobat biar masuk syurga.. asik bisa ngebunuh...!"... aduuhhh ... sumpe deh.. kalo yang otaknya begini mendingan disumpel petasan aja kepalanya.. jangan sampe salah menafsirkan dong.. hiks...

Begitulah.. jadi.. pelacur dan penjahat pun bisa masuk syurga.. ada di dalem hadist lho kisahnya...

Mmm.. tapi jangan juga gara-gara ada kisah begini kita jadi males-malesan ibadah.. santai aja.. masuk syurga gampang.. bukan.. bukan gitu.. tetep harus belajar Islam secara menyeluruh.. karena masuk syurga atau tidaknya kita itu karena Ridho Allah.. jadi kita itu hanya untuk mencari Ridho Allah di dunia ini.. maka maksimalkan hidup ini dengan kebaikan...

Balik lagi ke pembahasan..

Setelah pergumulan yang lama itu.. dari proses-proses yang udah gw lewati itu.. gw pun sekarang menganggap metode atau gerakan-grakan yang lain itu pasti juga turut memberikan andil... gw nggak mengabaikan eksistensi mereka.. mereka bermanfaat.. mereka itu emang ahlinya, spesialisasinya di situ.. jika Salafy di pemurnian akidah.. alhamdulillah gw dapat terjaga dari hal-hal bid'ah.. jika HTI tentang khilafah.. alhamdulillah gw makin ngerti dan rindu akan tegaknya khilafah, tentang persatuan seluruh ummat Islam.. jika IM yang kalo di Indonesia PKS lewat politiknya, alhamdulillah sudah terlihat efeknya.. Islam jadi lebih diterima di masyarakat soalnya udah ada yg masuk struktural pemerintahan.. Jika Sufi mendekatkan diri kepada Allah sangat-sangat luar biasa dan terasa keimanannya.. alhamdulillah gw jadi makin mengenal Allah dan ingin selalu disayang Allah yang membuat hari-hari gw teduh... jika Jama'ah tabligh berdakwah lewat masjid-masjid dan ngetokin pintu kita untuk shalat.. alhamdulillah ada yang ngingetin, masjid jadi rame daripada kita maen PS 2 Winning Eleven.. iya nggak sih?... dan lain-lain.. alhamdulillah... saudara kita juga ikut andil dalam membangun Islam ini...

Alhamdulillah.. InsyaAllah gw yakin, Islam akan tegak berdiri.. karena sudah ada spesialisasi-spesialisasi di bidangnya.. semua spesialisasi ini sedang berjalan perlahan tapi pasti menuju satu titik yang sama.. yang akan bergabung.. dan akhirnya.. Khilafah yang Kaffah, Kuat, Mantap, dan berisi akan tegak... dan yang tujuannya bukan untuk Allah dan tidak mengikuti Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman yang benar atau melenceng akan jatuh sendiri dari jalur menuju ke titik itu dan itulah yang disebut oknum-oknum, Apakah gw termasuk di dalam kubangan oknum itu..? Ya Allah hindarkanlah..


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ ادْخُلُواْ فِي السِّلْمِ كَآفَّةً وَلاَ تَتَّبِعُواْ خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

"Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu." (Q.S Al-Baqarah ayat 208)

Mungkin kayak gini titik-titik spesilisasi itu.. berjalan secara perlahan ke dalam satu titik tujuan...


Wallahu a'lam
If you have enjoyed this entry. Please feel free to bookmark it using your favorite social bookmarking site

2 comments:

  1. bagusss gwe suka bgt tulisan lo men lanjutken! hehehe

    ReplyDelete
  2. bismillah

    barakallahu fiik.
    semoga Allah memberikan kemudahan.

    pelajaran yg didapat:
    "yakin, Islam akan tegak berdiri.. karena sudah ada spesialisasi-spesialisasi di bidangnya.. semua spesialisasi ini sedang berjalan perlahan tapi pasti menuju satu titik yang sama.. yang akan bergabung.. yang tujuannya untuk Allah dan mengikuti Al-Qur'an dan As-Sunnah.."

    dari sini,jadi ngeh.
    bahwa ternyata memang beda ya..
    antara 'tenggelam' & 'menyelam' itu.
    (sungguh ga di sangka, sanguinis seperti maula ternyata begini dalemnya..)

    ReplyDelete