Wednesday, March 17, 2010

Hari kemenangan? menang banyak?

Yap.. hari ini adalah hari kemenangan.. setelah 29 hari kemarin berpuasa (yg 30 atau 31 ada?), akhirnya kita pun menyudahi bulan yang penuh rahmat, bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan kemarin sangat-sangat menyentak ingatan gw.. banyak kenangan di sana.. dan akhirnya kenangan itu pun yang membuat gw sedih.. sedih bgt.. ternyata gw udah nggak di bulan Ramadhan lagi.. masyaAllah..


Kesedihan itu bermula dari shubuh tadi.. biasanya saat bulan Ramadhan kemarin, shaf sholat itu sampe kebelakang-belakang.. tapi tadi pagi nggak nyampe setengahnya.. gw langsung merasa suasana lain nyessss... "Udah bukan Ramadhan lagi yaa..?", dalem hati gw sambil menarik nafas panjang. Ya Allah... hati gw mulai resah ditinggal Ramadhan.. (belagak banget..)

Balik ke rumah, gw buru2 beresin kamar dan juga menyiapkan baju, soalnya sore ini gw mau mudik ke Magelang.. di tengah-tengah kesibukan itu, gw berdiam diri sejenak.. gw merenung lagi.. "Heff.. udah nggak Ramadhan lagi ya.."..

Mulai deh tuh ingatan-ingatan itu muncul, kenang-kenangan.. aktifitas di kampus, buka puasa bareng ortu, buka puasa bareng anak-anak kampus, ngaji bareng, tilawah bareng, saling memberi nasihat, senyuman, mengelola acara SIDIK di puncak, sholat malam, shodaqoh, seru-seruan nyari pembicara, muter-muter jakarta soalnya nyasar, makan bersama, muhasabah, nangis, masih byk lagi dan yg terakhir I'tikaf bersama temen-temen.. bener-bener deh, itu semua cuma ada di Ramadhan.. gw yakin, gw bisa kyk gitu cuma di bulan Ramadhan.. gw juga tau, di bulan-bulan biasa kyk gini gw harus berusaha lebih keras untuk mengontrol diri gw.. Ramadhan, bulan pembelajaran banget bagi gw.. bulan tarbiyah, bulan pendidikan..

Subhanallah banget.. nuansa Ramadhan.. dan kini kita sudah tdk di bulan itu lagi?.. :( ...

Hari ini.. hari kemenangan.. apa sih arti dari kemenangan itu? apakah menang setelah berpuasa selama sebulan penuh? setelah menang kita bebas gitu.. kembali lagi biasa?.. apa sih hakikat menang itu..

Gw.. tadi pagi kembali sedih dan geleng-geleng kepala melihat ulah temen2 rumah gw.. ya, saat temen gw tadi ngasih tau sesuatu ke gw pas muter2 silaturahim ke tetangga-tetangga..

"Aduh.. gw udah males banget idup, gw tadi malem abis mabok nih sama Q-bao, pala gw panas banget nih.. belom tidur gw dari semalem.."

What the!?, gw cuma istighfar dan sedikit berkata, dasar bego lu!.. sedih dengernya... itu arti kemenangan? sekarang udah bebas.. kayak menang judi gitu? kemaren nggak boleh judi.. puas2sin skrg? itukah arti kemenangan?

Dan lagi.. temen gw satu lagi, juga sama waktu tadi muter2 keliling silaturahim.. di deket kita ada istri dari seorang ustadz yang memakai cadar.. tiba-tiba temen gw yg td malem juga mabok deketin gw..

"Mol.. ada ninja mol..", kata dia sambil berbisik..

Sumpah gw naek darah.. kalo boleh gw tampol atau gw tusuk udelnya bakal gw lakukan saat itu juga.. salah apa wanita muslimah itu, dia nggak ngapa2in lo bro! kalo denger dikatain Ninja pasti sedih banget..

Shit! ini hari kemenangan.. kenapa malah begitu sih?! gw jd marah.. hiks.. mau sabar jd susah bgt td..

Dan.. apakah itu arti kemenangan?? jadi skrg udah bebas ngelakuin apa aja?...

Yang gw tau.. maksud kemangan itu kan.. setelah di tempa sebulan penuh, kita menang.. kita menang dan lahir kembali seperti bayi yang bersih.. kembali fitrah.. itukan hakikat kemenagan?.. berlatih di sebulan kemarin.. dan menerapkannya di luar bulan Ramadhan.. apakah tahan? tahan melakukan seperti yang kita lakukan di bulan Ramadhan di saat2 bulan biasa? kalo bisa itu tanda kita menang..

Hiks.. Ramadhan.. pantes gw sedih banget, gw takut banget.. kembali kaya dulu.. dengan kebiasaan2 gw yg buruk.. Ya Allah.. jagalah diriku ini.. mudahkanlah kami dalam berjuang melawan diri kami sendiri.. Semoga Ramadhan kemarin masih berbekas untuk kami, sampai nanti saat bertemu Ramadhan berikutnya lagi.. itupun jika Kau mengizinkan ya Illahi Rabbi... :( ..

Pesan dari seorang teman..

~Ku lihat ramadhan dari kejauhan. Ku dekati, lalu ku sapa ia, Hendak kemana ?
Dgn lembut ia berkata: Ku harus pergi, mungkin jauh & mungkin sgt lama. Tolong sampaikan pesan ku utk si MUKMIN : Bahwa, SYAWAL akan tiba sbentar lg, ajaklah SABAR utk temani hari2 dukanya.. Peluklah ISTIQOMAH saat dia kelelahan dalam perjalanan TAQWA, ... bersandarlah pada TAWADHU saat kesombongan menyerang. Mintalah nasehat dr QUR’AN & SUNAH di setiap masalah yg dihadapi. Sampaikan salam & Terima kasih utk’y karena telah menyambut ku dgn suka cita,, kelak akan ku sambut ia di SURGA dari pintu AR-ROYYAN. Amin...~

Wallahu a'lam...

20 September 2009 jam 16:09
If you have enjoyed this entry. Please feel free to bookmark it using your favorite social bookmarking site

Post a Comment